Senin, 30 Agustus 2010

Rahasia Fisika


Telor Busuk
Q : mengapa telor busuk bila dimasukkan kedalam air bisa mengapung? Jelaskan secara singkat teori dan penjelasannya. Terima Kasih.
A : pada prinsipnya telur busuk mengapung ketika dimasukkan ke dalam air disebabkan karena massa jenis total telur lebih kecil dari massa jenis air. hal ini disebabkan pada telur busuk terdapat gas yang jika ditotal dengan telur massa jenis total telur menjadi lebh kecil dari air.

Pesawat dan Awan Tebal
Q : Ketika naik pesawat udara dan melintasi awan tebal, kenapa kok pesawat menjadi terguncang keras padahal awan kan gas? Sama seperti udara?
A : Pada awan ada daerah-daerah tertentu yang memiliki tekanan-tekanan yang berbeda dan ketika pesawat melewati daerah itu maka pesawat akan terguncang akibat perbedaan tekanan di daerah ini.

Lilin dalam Gelas
A : Ketika kita menutup lilin dengan gelas, awalnya lilin akan memanaskan udara dalam gelas. Akibat pemanasan ini, udara dalam gelas akan akan mengalami pemuaian, sehingga sebagian udara akan terusir keluar gelas (bibir gelas belum mencapai permukaan air). Ketika bibir gelas mencapai permukaan air (oksigen habis dan lilin pun mati), udara dalam gelas akan mengalami pendinginan dan penyusutan. Akibatnya tekanan udara dalam gelas menjadi kecil sehingga air terdorong masuk ke dalam gelas.
Nah masalah jika ditambahkan air dan percobaan sama dilakukan, airnya tidak masuk semua ke dalam gelas adalah karena perbedaan tekanan yang dihasilkan tidak cukup besar untuk mendorong semua air untuk masuk ke dalam gelas.

Dingin Ketika Keluar Kolam Renang
Q : mengapa perenang dingin sesaat ketika keluar dari kolam renang??
A : pada saat perenang keluar dari kolam renang, air yang masih tersisa pada permukaan kulit perenang mempercepat transfer energi dari tubuh perenang ke lingkungan sekitar (udara), akibatnya perenang yang kehilangan kalor tubuh merasa dingin.

Es Batu Mengapung
Q : saya mau nanya: kenapa es bisa mengapung didalam air???mohon dijawab ya>>>thanks.
A : Suatu benda tenggelam, melayang atau terapung sesuai dengan dengan hukum archimedes. Jika massa jenis suatu benda lebih kecil dari massa jenis fluida yang dimasukinya maka ia akan terapung. Tidak masalah benda itu juga zat cair. Misalnya saja minyak di dalam air, minyak terapung dibagian atas karena massa jenisnya lebih kecil dari air. oleh karena itu meskipun es batu termasuk zat cair, ia mengapung dalam air karena massa jenisnya lebih kecil dari air.

Daun Talas
Q : Di atas daun talas yg basah akan terbentuk butiran air. begitu juga jika lapisan minyak disiram air. apakah kedua hal ini sama? jelaskan!
A : Ya, kedua hal yang ada sebutkan sama. Prinsipnya adalah kohesi dan adhesi.Yang menyebabkan terbentuknya butiran air pada daun talas dan pada lapisan minyak adalah karena gaya kohesinya lebih besar dari pada adhesinya, yaitu gaya tarik menarik antar molekul yang sejenis dalam hal ini gaya tarik antar molekul air lebih besar daripada gaya tarik menarik molekul air dengan molekul lapisan lilin pada daun talas atau pada lapisan minyak.

Elemen Primer dan Elemen Sekunder
Q : saya mau tanya: tolong sebutkan macam-macam elemen primer dan elemen sekunder pada tegangan listrik beserta dengan gambarnya? saya mohon jawabannya dikirim beberapa jam lagi yah.
A : Elemen primer adalah elemen elektrokimia yang bahan-bahan pereaksinya tidak dapat diperbaharui lagi sehingga tidak mampu menimbulkan reaksi kimia lagi. Contohnya adalah elemen volta dan elemen kering (baterai).
Sedangkan elemen sekunder adalah elemen elektrokimia yang bahan-bahan pereaksinya dapat diperbaharui kembali setelah reaksi tidak terjadi lagi. Contohnya adalah akumulator (aki).
Maaf tidak bisa menjawab secepat yang anda inginkan karena banyak pertanyaan yang masuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar